Pria yang Bisa Membuat Wanita Tertawa Dianggap Lebih Menarik

ilustrasi dari instagram saykesehatan


Jakarta, CNN Indonesia -- Ternyata bukan pria yang ganteng, punya kehidupan yang mapan atau romantis yang jadi idaman banyak wanita. Berdasarkan sebuah penelitian, wanita cenderung lebih mudah jatuh hati pada pria yang bisa membuat mereka tertawa.

Peneliti dari sebuah universitas di Amerika Serikat , menyimpulkan humor adalah faktor kunci dalam seleksi seksual ini. Jeffrey Hall, profesor bidang ilmi komunikasi di University of Kansas, menyebutkan ketika dua orang — wanita dan pria — bertemu, semakin sering seorang pria mencoba melucu dan si wanita bisa tertawa, maka semakin tertarik wanita itu pada si pria.

Karenanya jika sepasang pria dan wanita bisa tertawa bersama dalam pertemuan-pertemuan awal bisa dikatakan itu adalah pertanda kecocokan dalam pasangan itu.


Namun hal itu tidak terjadi sebaliknya. Hall mengatakan penggunaan dan interpretasi humor antara pria dan wanita tidak bisa bersifat timbal balik pada keduanya. Jadi jika Anda seorang wanita yang sedang memasuki bursa kencan, jangan coba-coba banyak melucu pada pertemuan pertama.

Hasil penelitian berjudul Sexual Selection and Humour in Courtship: A Case for Warmth and  Extroversion ini diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychology.

Hall meneliti hal tersebut lewat sebuah percobaan pada sejumlah pasangan mahasiswa yang dipertemukan dalam kencan buta. Peneliti menemukan bahwa pria dan wanita yang bisa tertawa bersama, cenderung bisa berlanjut pada ketertarikan secara romantis.

“Maknanya adalah bagaimana jadi makhluk sosial dengan kemampuan humor saat bersama orang lain,” kata Hall seperti dikutip Independent. “Buat pria ini semacam main kartu dan seperti membiarkan lawan mereka yakni si wanita untuk mengintip kartu mereka. Buat pria ini adalah strategi yang dilakukan secara sadar.”

Dalam penelitian pertama Hall melibatkan 35 orang pria dan wanita. Peserta penelitian ini mencari 100 pribadi asing via Facebook dan mencoba mengontak mereka. Masing-masing lalu saling menggali kepribadian lewat percakapan online. Hall menemukan ternyata pria dan wanita berbagi jumlah humor yang sama saat.

Dalam penelitian kedua, dilibatkan hampir 300 mahasiwa untuk mengisi kuesioner survei yang membuktikan ternyata tak ada hubungan antara kecerdasan seseorang dan seberapa lucu mereka sebenarnya. Para peserta penelitian juga menganggap orang asing yang berbagi kelucuan sebagai sikap ekstrovert bukan pertanda kecerdasan.

Bagian terakhir penelitian diikuti oleh 51 pasangan heteroseksual dari mahasiswa universitas itu yang masing-masing tak pernah berjumpa sebelumnya. Mereka dipertemukan dalam sebuah ‘kencan buta’.

Mereka diberikan sejumlah kartu berisi topik pembicaraan yang bisa dipilih. Selama pembicaraan itu peneliti merekam pembicaraan mereka.  Setelah diobservasi saat mereka berbincang selama 10 menit, mereka diminta mengisi kuesioner tentang ‘kencan’ mereka itu.

Hall menemukan bahwa pria dan wanita punya kuantitas “upaya melontarkan humor,” yang sama, namun perempuan lebih sering tertawa dibanding pria. Dia menyimpulkan bahwa para pasangan mungkin berpegang pada tradisi mencari pasangan yang menganggap tak layak perempuan melontarkan candaan terlalu banyak.

“Skrip pembicaraan sangat penting, mendukung  dan menentukan, mulai dari mengajak seseorang untuk berkencan,” kata Hall. “Saling berbagi tawa bisa jadi adalah jalan termudah mencapai hubungan jangka panjang.”

sumber : www.cnnindonesia.com

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Pria yang Bisa Membuat Wanita Tertawa Dianggap Lebih Menarik"

Posting Komentar