Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup

Matahari Pagi

Kita tahu, saat matahari terbit di ufuk Timur, ia akan "berjalan" ke Barat hingga tenggelam kembali, meninggalkan bumi dalam kegelapan.

Seolah-olah, Barat adalah tujuan persinggahan terakhir bagi matahari pagi ini. Untuk selanjutnya hilang tertelan bumi.

Tapi saya tak ingin membahas matahari yang selalu punya tujuan setiap hari. Saya ingin membahas kita -manusia- sudahkah punya tujuan yang ingin dicapai?

Tujuan membuat kita fokus. Hanya mengerjakan hal yang berkaitan dengan tujuan. Sehingga dengan kesempatan yang ada, kita bisa mencurahkan perhatian pada satu titik yang dituju.

Seperti pagi ini, tujuan "membantu setiap orang untuk melepas emosi negatifnya agar menikmati hidup dengan bahagia" telah mengarahkan saya untuk membaca buku pengembangan diri.

Di rak buku, ada sekitar puluhan buku berderet rapi dari paling bawah hingga paling atas. Belum termasuk di ruang tengah dekat TV, ada puluhan lagi.

Tapi tujuan hidup telah mengarahkan saya untuk hanya mengambil buku tersebut mengabaikan buku marketing, sejarah, serta kesehatan.

Bukan tidak penting, belum prioritas.

Anda bayangkan bila saya membaca -sebutlah- 5 buku berbeda dalam satu jam. Ilmu apa yang bisa saya dapat? Paling kulit luarnya saja dari tiap buku.

Berbeda bila satu buku saja dalam satu jam, sudah banyak informasi yang bisa digali untuk dipraktekkan.

Bagi ibu-ibu, memasak 5 jenis masakan dalam setengah jam, bisa menghasilkan apa? Saya tidak yakin bisa menghasilkan masakan yang lezat.

Tapi bila waktu yang sama itu digunakan untuk memasak satu jenis masakan saja, saya percaya setidaknya cukup untuk memasak nasi goreng telor ditaburi keju dan tomat merah. 

Pointnya bukan berapa lama, tapi seberapa fokus. Itu.

Sekarang hari masih pagi, sinarnya masih terasa hangat. Dimana Anda berada saat membaca tulisan ini? Apa tujuan hidup Anda yang ingin diwujudkan? 

Saya belajar dari Napoleon Hills, seorang penulis hebat dari AS. Ia menetapkan tujuan hidupnya, 

"Menghimpun, menganalisa, dan mempublikasikan prinsip-prinsip yang digunakan tokoh-tokoh hebat untuk meraih kesuksesan yang tahan lama."

Lalu dengan tujuan hidup itu, ia berhasil mewawancarai lebih dari 500 tokoh besar sepanjang hidupnya. Termasuk Henry Ford, Thomas Edison, Woodrow Wilson, hingga Franklin Roosevelt.

Sekarang, tulisan Napoleon Hills -yang meninggal tahun 1970- bisa kita temukan di toko buku, paling populer adalah "Think and Grow Rich".

Tujuan hidup yang jelas juga menghasilkan tekad, hasrat, serta kreativitas. 

Seorang siswa SMA berniat mengikuti mabit (menginap) di masjid sekolahnya. Lalu sore sebelum berangkat, hujan turun deras. Ia mengurungkan niatnya.

Anda merasa wajar bukan? Sebab hujan turun deras, wajar bila tidak jadi berangkat mabit. Anda pun -bila di posisi dia- akan memutuskan hal yang sama.

Sekarang masih kisah anak SMA.

Hari ini ada ujian di sekolah, tapi hujan sudah turun sejak semalam tak kunjung berhenti. Bahkan beberapa ruas jalan tergenang banjir.

Apakah anak SMA yang akan ikut ujian ini mesti mengurungkan niatnya untuk berangkat sekolah? 

Anda sepakat, dia tetap berangkat bukan? Sebab tujuan (ujian) jauh lebih penting dari masalah (hujan).

Sebuah pemahaman yang tidak sama saat mau berangkat mabit, masalah (hujan) lebih penting dari tujuan (mabit).

Pointnya adalah penting/tidaknya tujuan. Semakin jelas manfaatnya, semakin beresiko bila tidak tercapai, semakin penting untuk diprioritaskan.

Kita butuh tujuan hidup yang jelas manfaatnya, disaat yang sama mengerti dengan resiko bila tak tercapai.

Jadi pikiran kita akan tetap fokus dan menghadirkan solusi kreatif saat ada masalah, agar tetap berjalan menuju tujuan.

Sekali lagi, apa tujuan hidup Anda? Apa manfaat yang bisa Anda dapat bila tujuan tercapai? Lalu apa resikonya bila tujuan tidak tercapai?

Sudahkan tujuan itu memotivasi Anda? Sudahkan tujuan itu memancing kreativitas Anda? 

Matahari semakin tinggi, hidup tanpa kejelasan tujuan membuat waktu terbuang sia-sia. 

Kita dilahirkan bukan untuk menjadi pengamat matahari, tapi bersama matahari (waktu) kita berjalan menuju tujuan masing-masing

Ahmad sofyan hadi

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup"

Posting Komentar