Pendakian Gunung Andong Via Sawit

Akhir-akhir ini nama gunung andong mulai naik daun dikalangan para penikmat alam. Dengan ketinggian yang tidak begitu tinggi (1726 Mdpl) menjadikan gunung ini jujukan untuk melepaskan penak pada week end. Bagi anda yang menginginkan pemandangan alam yang indah atau hanya ingin sekedar ngopi diketinggian gunung andong ini bisa menjadi solusi.

Gunung merbabu dan merapi dilihat dari puncak gunung andong
Gunung merbabu dan merapi dilihat dari puncak gunung andong
Gunung andong berada di Girirejo kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Letaknya berada diperbatasan salatiga semarang dan magelang. jadi tak heran jika dari puncak gunung andong terlihat dengan jelas gunung merapi merbabu sindoro, sumbing dan ungaran. Jika anda beruntung anda bisa melihat pula gunung slamet dan gunung lawu dari puncak gunung andong tersebut.

Untuk mendaki gunung andong bisa melewati 3 jalur pendakian yaitu :
  1. Pendakian gunung andong via Sawit
  2. Pendakian gunung andong via Penden dan
  3. pendakian gunung andong via Gogik
Pada tulisan kali ini saya akan membuat cerita tentang pendakian gunung andong via sawit. Untuk mencapai basecamp sawit ini dari magelang kota ikuti jalan ke arah salatiga. Ikuti terus jalan utama magelang - salatiga tersebut. Jika anda telah mencapai basecamp pendakian gunung merbabu via wekas masih kurang lebih 10 KM menuju plang tulisan basecamp pendakian gunung andong via sawit. Selalu liat plang arah dikiri jalan karena nanti akan ada tulisan basecamp taruna jaya giri sawit. Ikuti terus petunjuk tersebut maka anda akan sampai pada basecamp pendakian gunung andong via sawit. Untuk lokasinya di google maps bisa anda lihat disini.

peta pendakian gunung andong via sawit
Peta jalur pendakian gunung andong via sawit


Basecamp - Pos 1

gapura gunung andong
gapura pendakian gunung andong

Dari basecamp berjalan ke arah ladang penduduk (barat) menuju ke gapura selamat datang di pendakian gunung andong via sawit. Dari basecamp menju pos 1 ini jalanan tidak terlalu terjal namun terus menanjak dan hanya ada sedikit "bonus"nya. Setelah kurang lebih anda berjalan 30  - 45 menit anda akan mencapai Pos 1 ditandai dengan adanya gubuk di pos tersebut.

Pos 1 - Pos 2

Setelah anda selesai berleyeh-leyeh ria di gubuk pos 1 anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pos 2. Trek pada pos 1 - pos 2 ini kurang lebih sama dengan trek basecamp - pos 1 hanya setelah pos 1 jalanan sudah mulai menanjak dengan terjal. Dan waktu yang dibutuhkanpun tak jauh beda yaitu antara 30 - 45 menit untuk sampai ke Pos 2. Di Pos 2 anda akan menemukan gubuk untuk beristirahat berteduh saat hujan atau hanya untuk meluruskan pinggang.

Pos 2 - Puncak jiwa

makam joko pekik
Makam joko pekik
Selepas pos 2 jalur mulai berkelok-kelok menanjak dengan vegetasi hutan pinus yang mulai terbuka. Jika anda telah mencapai sumber air pada perjalanan menuju puncak jiwa ini berarti anda sudah dekat dengan puncak jiwa. Di sumber air ini anda bisa mengisi ulang persediaan air yang sudah menipis dan air pada sumber ini segar sekali rasanya. Anda akan memutari bukit dengan trek yang berkelok-kelok hingga terlihat puncak makam. Di sana ada makamnya Ki Joko Pekik jika anda mengambil jalur kiri dan jika anda akan menuju puncak jiwa ambil ke arah kanan. Jika anda telah mencapai warung dan lokasi camping ground yang cukup luas berarti anda telah mencapai puncak jiwa. Dari Puncak jiwa ke puncak andong yang mempunyai ketinggian 1726 Mdpl dapat ditempuh kurang dari 5 menit jadi santai aja bagi anda yang ingin berburu sunrise maupun sunset. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak jiwa atau puncak gunung andong ini kurang lebih 30 - 45 menit dari pos 2 dengan perjalanan santai.

Jembatan setan gungung andong
Jembatan setan gunung andong (perjalanan menuju puncak alap-alap)

Jika anda ingin menuju ke puncak alap-alap anda harus melewati trek jembatan setan. Jika pada saat kabut berada dipinggir-pinggir jalur ini jembatan setan akan menyuguhkan pemandangan yang menarik seakan-akan seperti jembatan di tengah awan.

Demikian postingan saya tentang pendakian gunung andong via sawit ini semoga bisa membantu anda bagi yang ingin menuju ke gunung andong via jalur sawit.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Pendakian Gunung Andong Via Sawit"

Posting Komentar