Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul DIY

pantai pok tunggal gunung kidul DIY
pantai pok tunggal gunung kidul via nativeindonesia.com

Lokasi

Lokasi Pantai Pok Tunggal gunung kidul DIY terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun, sekita 50 km dari kota wonosari atau 2 jam waktu tempuh dari Jogja. Koordinat GPS: S8°9'20" E110°37'17".

Rute Lokasi Pantai Pok Tunggal dari Jogja:

Jogja » Piyungan » Patuk » Sambipitu » Arah Hutan Bunder » Gading » Logandeng » Siyono » Bundaran Tugu BPD » Jl. Kyai Legi » Jalan Lingkar Selatan » Jl. KRT Djojodiningrat » Jalan Girisubo - Wonosari » Jalan Saptosari - Tepus » Pok Tunggal 

atau

Jogja » Imogiri » Panggang » Jalan Saptosari - Tepus » Ikuti Arah ke Pantai Baron » Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri  menuju Pantai Indrayanti  » Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal » Pos Retribusi » beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah "Pantai Pok Tunggal" » ikuti jalan kecil cor blok (jalan batu)  ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Ada hanya akan sampai di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya bisa dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 15.000) dan perjalanan dengan menggunakan ojek biayanya sekitar Rp 30.000 atau tergantung kesepakatan dengan pengemudi.

Pok tunggal view dari atas via satusatuen.com
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul DIY ini mulai dapat diakses oleh para wisatawan sejak tahun 2012 silam. Jarak tempuh dari Wonosari sekitar 50 km. Pemberian nama pok tunggal berasal dari sebuah pohon duras besar yang sampai saat ini masih kokoh berdiri. Pohon ini yang akhirnya menjadi ciri khas dan keunikan dari pantai pok tunggal gunung kidul DIY ini. Potensi yang dimiliki pantai ini adalah pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai.

Para wisatawan dapat menginap di pantai dengan tenda – tenda yang sudah disediakan. Pihak pengelola pantai pok tunggal gunung kidul DIY sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini menggunakan tenda agar menyatu dengan alam. Menikmati keindahan pantai ini tidak lengkap bila tidak menunggu waktu menyaksikan matahari tenggelam unktuk menikmati keindahan sunsetnya.

Pesona yang lain dari pantai ini adalah barisan tebing tinggi yang berdiri menjulang gagah setinggi sekitar 50 m sangat potensial digunakan untuk olah raga panjat tebing. Di tebing karang tersebut masih terdapat binatang-binatang hutan lain seperti monyet liar yang sering kedapatan melompat dari balik tebing sebelah timur.

Di pantai ini ada yang unik yaitu terdapatnya sumber mata air tawar yang kemungkinan besar bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang banyak digunakan untuk kebutuhan warung –warung makan dan kamar mandi yang merupakan swadaya dari masyarakat setempat.

Harga tiket

Berdasarkan Perda Kabupaten Gunungkidul No.17 Tahun 2013, terhitung mulai tanggal 31 Januari 2014 diberlakukan tiket masuk obyek wisata untuk kawasan : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp. 10.000,-.

Fasilitas

Ramainya wisatawan domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai mengembangkan kawasan ini. Bisa dilihat dari banyaknya warung makan maupun tempat beristirahat mirip dengan gazebo. Biaya untuk menyewa gazebo maupun payung dengan kapasitas dua sampai tiga orang sekitar Rp 20.000. Jika Anda ingin bermalam di pantai ini Anda bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat dengan biaya sekitar Rp 60.000. Beberapa penginapan juga tersedia di sini. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Referensi :
  • http://kedaisusu01.blogspot.co.id/2012/11/peta-pantai-pok-tunggal-gunungkidul.html
  • http://www.njogja.co.id/gunungkidul/pantai-poktunggal-gunung-kidul/
  • http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/yogyakarta/439-pantai_pok_tunggal.html

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul DIY"

Posting Komentar