12 Februari 2016


Kehidupanku pada hari ini dimulai dari pukul 11.00 karena dari abis subuh kuhabiskan untuk aplikasi nafas halus hehe . Karena hari ini merupakan hari jum'at aku sebagai seorang muslim laki-laki diwajibkan untuk mengikuti sholat jum'at. Setelah menjalankan ritual sholat jum'at akupun ngampus untuk kuliah Finite Element Method (FEM) atau dalam bahasa Indonesianya Teori Elemen Hingga.

Untuk kuliah FEM ini aku diajar oleh Prof Zubayd dari minggu 1 - 8 dan Pak Totok dari minggu 9 - 16. Pada kuliah FEM pertamaku ini aku memahami bahwa FEM itu merupakan suatu cara untuk menghitung benda-benda bentuk kompleks dengan cara dibuat elemen-elemen dalam bentuk yang sederhana. Semakin banyak elemen yang kita buat akan semakin mendekati dari hasil yang sebenarnya.

Sebagai contoh untuk menghitung luas lingkaran bisa kita dekati dengan luas 4 segitiga, 6 segitiga, 20 segitiga dan seterusnya. Hasil dari phi atau 22/7 itu merupakan pendekatan yang dilakukan para ilmuwan matematika untuk menghitung luas lingkaran. Maka dari itu untuk luas lingkaran akan menghasilkan angka yang berbeda-beda pada komanya walaupun tidak terlalu banyak perbedaannya. Tapi untuk menghitung luas segi empat atau segi tiga semua orang akan memberikan hasil yang sama dengan catatan menghitungnya benar lhoo haha .

Jadi kesimpulannya FEM itu merupakan cara untuk menghitung suatu benda kompleks dengan memecah-mecah menjadi bagian-bagian kecil.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "12 Februari 2016"

Posting Komentar