Jembatan Suramadu Surabaya Madura

Jembatan suramadu surabaya madura. Jembatan suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan kota surabaya dengan pulau madura. Nama suramadu diambil dari nama dua tempat yaitu surabaya dan madura yang disingkat menjadi suramadu. Dengan panjang 5.438 meter ini menjadikan jembatan suramadu terpanjang  di Indonesia.

gambar via http://bisnisinter.net/

Pada malam hari jembatan suramadu akan tampak elok dengan hiasan kerlap-kerlip lampu jembatan tersebut. Lampu-lampu yang berada di menara jembatan menghasilkan kombinasi warna yang sedap dipandang mata ditambah lagi warna-warna lampu tersebut berubah warna secara periodik.

Anda akan merasakan sensasi terbang di atas laut yang menyenangkan saat menyeberangi jembatan ini. Perjalanan untuk menyeberangi jembatan ini memakan waktu antara 20 -30 menit tergantung kecepatan yang ada pacu. 

Untuk mencapai Jembatan Suramadu, jika Anda datang dari Terminal Bungurasih, naiklah bis yang menuju Madura. Dan mintalah untuk turun sebelum tol jika Anda ingin melihat Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya. Namun lebih baik lagi jika Anda terus naik bis sehingga bisa langsung ke sisi jembatan di Madura. Tak lama, paling sekitar 10 menit, bis tersebut sudah sampai di Kamal.

Kendaraan roda empat memiliki jalur sendiri, terpisah dengan jalur untuk kendaraan roda dua. Lebar jembatan ini sekitar 30 kilometer dengan empat buah lajur dua arah yang lebarnya 3,5 meter dan ada dua lajur darurat yang lebarnya 2,75 meter.

Bagi kendaraan yang ingin melintas jembatan ini dikenakan retribusi. Tarifnya sekali jalan tiga ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 30 ribu rupiah untuk mobil. Saat berada di atas jembatan ini, menurut aturannya kendaraan tak boleh berhenti. Jadi Anda hanya bisa memotret dari dalam kendaraan. Namun praktiknya ada saja kendaraan yang berhenti sejenak untuk memotret dari atas jembatan ini.

Sangat penting juga saat Anda berada di atas jembatan ini untuk berhati-hati. Sebab angin yang berhembus cukup kencang. Ikutilah rambu-rambu yang terpasang di atas jembatan.

Saat lewat jembatan suramadu ini, anda juga akan melintasi menara kembar yang berada di tengah jembatan. Tinggi menara tersebut sekitar 140 meter dan berfungsi untuk menopang jembatan utama. Di bawah menara ini, kolong jembatannya juga dibuat lebih tinggi yaitu sekitar 35 meter di atas permukaan laut. Itu dimaksudkan agar kapal laut dapat melewati kolong jembatan ini dengan mudah.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Jembatan Suramadu Surabaya Madura"

Posting Komentar