Tips Memperingan Barang Bawaan Saat Mendaki

Ketika mendaki gunung barang bawaan merupakan beban terberat selain medan mendaki gunung yang ekstrim. Untuk memperingan beban yang kita bawa agar menghemat tenaga yang nantinya bisa kita gunakan untuk menikmati keindahan alam kita bisa menyiasatinya dengan membawa barang yang multifungsi. Berikut adalah tips memperingan barang bawaan saat mendaki gunung :

Pilih tenda yang ringan dan kuat

Tenda yang ringan dan kuat
Beban untuk membawa tenda tidaklah ringan maka dari itu pilihlah tenda yang mempunyai berat paling ringan dan terbuat dari bahan yang kuat. Frame atau rangka yang terbuat dari allumunium alloy mempunyai berat yang jauh lebih ringan daripada rangka yang terbuat dari fiber. Jadi sebelum anda membeli tenda telitilah terlebih dahulu tentang spesifikasi tenda tersebut mulau dari bahan rangka, flysheet dan beratnya dan juga disesuaikan dengan budget yang dimilikinya hehe.

Gunakan carrier sesuai kebutuhan

contoh tas carrier
gambar via sarangpenyamun.wordpress.com
Jika anda melakukan perjalanan yang memakan waktu lama maka gunakanlah carrier yang berkapasitas 65 - 80 liter akan tetapi jika perjalanan anda hanya memakan dua hari satu malam seperti mendaki gunung penanggungan maka tas carrier berkapasitas  30 - 40 liter sudah cukup untuk anda. Hal-hal yang diperhatikan saat membeli tas carrier anda bisa membaca pada postingan tips membeli tas carrier.

Sleeping bag yang hangat dan ringan

mummy sleeping bag
gambar via ebay.co.id
Sleeping bag merupakan item wajib dibawa ketika mendaki gunung demi kenyamanan saat tidur di malam harinya. Sleeping bag yang hangat biasanya berat dan memakan tempat yang luas juga oleh karena itu carilah sleeping bag yang terbuat dari duck down bukan polar atau dacron. Duck down ini lebih hangat dan ringan jika dibandingkan dengan polar atau dacron namun harganya juga lumayanmenguras kantong :D.

Alas tidur

matras alumunium foil
gambar via kaskus.co.id
Alas tidur biasanya menggunakan matras yang terbuat dari karet yang bisa digunakan untuk satu orang tiap matrasnya. Fungsi matras karet ini ternyata bisa digantikan dengan matras alumunium foil yang tentunya lebih lebar dan mempunyai berat tidak lebih dari satu bungkus mie instan. Satu matras alumunium foil ini bisa melapisi hampir seluruh tenda berkapasitas 4 orang.

Bawa pakaian yang tepat dan secukupnya

Pakaian yang nyaman akan menunjang keberlangsungan mendaki kita. Selain nyaman pakaian tersebut harus mampu memberikan perlindungan dari cuaca dingin di gunung. Pakaian yang terbuat dari serat sintesis seperti nilon, taslan dan polyester sangat direkomendasikan karena dapat menyerap keringat dan menguapkannya. Tidak seperti pakaian yang terbuat dari katun hanya dapat menyerap keringat saja sehingga pakaian akan menjadi mamel yang membuat tubuh kita kedinginan.

Demikian tips memperingan barang bawaan saat mendaki yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Tips Memperingan Barang Bawaan Saat Mendaki"

Posting Komentar