Peralatan saat Mendaki Gunung

Peralatan saat Mendaki Gunung. Mendaki gunung telah menjadi hobi yang digemari oleh banyak orang semenjak film 5 cm ditanyangkan. Tidak dipungkiri mendaki gunung selain menjadi olahraga juga bisa melepaskan penat dengan memandang keindahan alam ini. Yang perlu kita tanamkan ketika mendaki gunung adalah untuk tidak merusak alam yang indah ini dengan segala macam bentuk salah satunya dengan meninggalkan sampah di gunung. Namun perlu diingat mendaki gunung merupakan olah raga yang berbahaya karena kita berhadapan langsung dengan kondisi alam yang tidak menentu oleh karena itu persiapan yang matang menjadi kunci dalam mendaki gunung. Peralatan mendaki gunung haruslah lengkap untuk keperluan mendaki. Berikut peralatan yang harus dipersiapkan saat mendaki gunung :

Tenda

Tenda Dome untuk mendaki gunung


Tenda adalah peralatan kelompok yang wajib dibawa untuk keperluan beristirahat ketika malam tiba. Karena harganya yang tidak murah untuk tenda ini bisa menyewa dipersewaan alat-alat mendaki atau jika anda kelebihan uang lebih baik untuk membeli tenda sendiri :D.

Logistik

logistik untuk mendaki gunung


Kita harus memperkirakan berapa lama berada di gunung sehingga keperluan logistik seperti beras, sayuran, lauk pauk dan minuman bisa ditentukan. Logistik ini sangat krusial karena hal itu merupakan sumber kekuatan selama perjalanan mendaki gunung.

Peralatan masak

Kompor, gas, spritus, nesting, korek merupakan peralatan kelompok yang harus ada karena jika tanpa peralatan itu kita tidak akan bisa masak. Perlu diperhatikan untuk masalah korek diusahakan membawa lebih dari satu dan dengan dua jenis korek gas dan korek biasa untuk berjaga-jaga.

Carrier


Untuk membawa barang-barang selama perjalanan mendaki gunung diperlukan sebuah tas baik itu tas biasa maupun carrier. Saya sarankan untuk membawa carrier karena tas tersebut telah dirancang untuk membawa barang yang banyak dalam perjalanan adventure. Untuk tips membeli tas carrier anda bisa baca postingan Tips membeli tas carrier.

Jaket

Jaket ini hukumnya wajib untuk dibawa untuk keperluan menghangatkan diri karena cuaca di gunung sangat dingin. Jaket yang anda bawa tentunya jaket khusus yang didesain agar tahan angin dan suhu dingin. Di toko-toko adventure banyak yang menjual jaket yang dirancang khusus agar tahan angin dan suhu dingin dengan merk dan harga yang bervariasi. Tentunya harga menentukan kualitas barang tersebut seperti pepatah ada harga ada rupa.

Sepatu atau sandal gunung

Alas kaki yang dirancang khusus untuk menerjang medan becek, terjal, bebatuan dan kuat sangat dibutuhkan untuk keperluan mendaki gunung. Karena trek perjalanan di gunung tidaklah semulus pantat bayi maka ketahanan sepatu atau sandal menjadi prioritas utama. Selain itu kenyamanan di kaki menjadi faktor penting karena dalam mendaki gunung alat transportasi utama kita yaitu kaki sehingga kenyamanan kaki ini perlu diperhatikan.

Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantong tidur ini wajib dibawa untuk kenyaman pada saat tidur. Sleeping bag ini membantu menghangatkan tubuh kita saat tidur pada malam hari. Karena pada kondisi tidur daya tahan tubuh kita menjadi berkurang jika tidak menggunakan sleeping bag maka kita akan mengalami kedinginan yang amat sangat dibandingkan pada saat kita terjaga.

Jas Hujan

Cuaca di gunung tidak bisa ditebak untuk berjaga-jaga maka bawalah jas hujan untuk perlindungan saat hujan tiba. Selain itu jas hujan yang berbentuk kelelawar bisa digunakan untuk membuat bivak atau alas tidur di dalam tenda agar lebih hangat.

Matras

Matras ini berguna untuk alas tidur dalam tenda atau untuk alas saat duduk-duduk. Untuk fungsi matras ini bisa digantikan oleh jas hujan kelelawar namun tidak sehangat jika menggunakan matras. Jadi matras ini tidak terlalu wajib untuk dibawa namun saya sarankan untuk membawa matras untuk kenyamanan saat mendaki.

Senter/Headlamp

Dalam perjalanan mendaki gunung terkadang kita terpaksa melakukan perjalanan malam hari sehingga senter/headlamp ini sangat dibutuhkan untuk menunjang perjalanan kita.

Gaiter

gaiter untuk mendaki gunung


Pada gunung-gunung tertentu sangat disarankan untuk menggunakan gaiter untuk melindungi agar sepatu tidak kemasukan kerikil atau pasir. Selain itu gaiter juga berfungsi untuk melindungi hewan penyedot darah masuk ke dalam celana kita.

P3K

P3k ini diperlukan untuk mengobati luka atau jika terjadi kecelakaan pada saat mendaki gunung. Adapun P3K yang wajib dibawa adalah :
• Tabung oksigen
• Kapas
• Tisu (basah dan kering)
• Betadine
• Alkohol
• Obat diare (Norit)
• Parasetamol
• Obat Alergi (CTM)
• Obat mata (visine)
• Kain kassa/perban
• Plester (Hansaplast)
• Oralit
• Minyak kayu putih

Demikian postingan saya tentang peralatan saat mendaki gunung yang harus dibawa semoga bisa membantu anda. Selamat mendaki jagalah alam ini dengan tidak meninggalkan sampah di gunung :D

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Peralatan saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar