Legenda Gunung Semeru

Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulai jawa dengan ketinggian 3676 mdpl dengan kawah yang bernama Jonggring Saloko. Untuk mendaki gunung semeru ini anda terlebih dahulu harus melewati ranu pani untuk melakukan registrasi. Untuk mencapai ranu pani dari arah surabaya anda bisa membaca postingan perjalanan dari surabaya menuju ranu pani. Sebelum anda mendaki gunung semeru ini terlebih dahulu kenali gunung tersebut. Berikut adalah legenda gunung semeru yang saya dapatkan dari wikipedia.

Legenda gunung semeru


Pulau jawa pada dahulu kala bak kapal yang mengapung di lautan bebas yang senantiasa terombang-ambing oleh ombak. Para dewa pun berinisiatif untuk memindahkan gunung Meru dari india ke pulau jawa sebagai paku jawa agar pulau ini tidak terombang ambing lagi. Hal ini berdasarkan cerita masyarakat jawa yang ditulis pada kitab kuna tantu pagelaran yang berasal dari abad ke-15.


Gunung tersebut diangkut oleh dewa wisnu dengan menjelma sebagai kura-kura yang menggendong gunung Meru dari India menuju pulau jawa di punggungnya. Agar gunung tersebut tidak jatuh maka diikatlah gunung tersebut dengan kura-kura itu menggunakan ular yang panjang yang tak lain adalah jelmaan dari dewa brahma kemudian dewa-dewa tersebut meletakkan gunung itu di atas bagian pertama pulau yang mereka temui yaitu ujung barat pulau jawa.

Namun ketika gunung Meru tersebut diletakkan di sebelah barat bagian pulau jawa menjadi terangkat ke atas oleh karena itu para dewa memindahkan ke bagian timur pulau jawa. Serpihan gunung Meru yang tercecer ketika dibawa ke timur menciptakan jajaran pegunungan yang memanjang dari barat menuju ke timur di pulau jawa. Akan tetapi ketika gunung meru tersebut diletakkan di timur pulau jawa masih tetap miring maka oleh para dewa puncak gunung tersebut di potong dari di taruh di sebelah baratnya. Penggalan tersebut bernama gunung Pawitra atau sering dikenal dengan nama gunung penanggungan sedangkan bagian utama dari gunung Meru menjadi tempat bersemayamnya para dewa yang sekarang dikenal dengan nama gunung Semeru. Pada saat Sang Hyang Siwa datang ke pulau jawa dilihatnya banyak pohon Jawawut, sehingga pulau tersebut dinamakan Jawa.

Demikian tulisan tentang legenda gunung semeru yang saya dapatkan dari wikipedia. Sebelum anda mendaki akan lebih baik jika mengetahui sejarah dan kultur dari daerah tersebut sehingga anda bisa lebih menghormati budaya-budaya pada daerah tersebut.


Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Legenda Gunung Semeru"

  1. pengen kapan-kapan bisa ke sana... O,O

    BalasHapus
  2. Semoga bisa lekas ke sana bang hehe .
    menikmati keindahan gunung semeru :D

    BalasHapus