Hal-hal yang Sering Disepelekan Saat Mendaki

Hal-hal yang Sering Disepelekan Saat Mendaki. Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang beresiko tinggi yangmana membutuhkan persiapan yang matang sebelum mendaki sebuah gunung. Kegiatan yang beresiko tinggi ini semakin hari semakin banyak peminatnya entah karena efek apa tiba-tiba kegiatan mendaki gunung ini telah tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Dengan meningkatnya minat mendaki gunung maka pengetahuan tentang mendaki gunung mengenai persiapan mental, fisik, peralatan dan logistik perlu digalakkan untuk meminimalisir kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di gunung. Berikut hal-hal yang sering disepelekan saat mendaki :

Lebih Suka Memakai Sandal

Sandal gunung
Saya sendiri lebih suka memakai sandal daripada menggunakan sepatu namun hal ini merupakan kesalahan yang harus dihindari karena dengan memakai sandal kaki kita akan mudah terluka akibat terkena batu-batu atau kayu-kayu. Oleh karena itu untuk tujuan keamanan dan kenyamanan kaki anda gunakanlah sepatu saat mendaki gunung kecuali jika anda telah siap dengan resiko jika menggunakan sandal.

Tidak Membawa Survival Kit

survival kit

Survival kit ini sangat dibutuhkan untuk keadaan yang diluar dugaan kita sehingga peralatan tersebut bisa membantu kita. Seperti halnya jika carrier putus kita bisa memperbaiki dengan cara menjahitnya menggunakan benang dan jarum yang ada di survival kit kita.

Packingan Tidak Benar

Packingan carrier
via http://indranicellizer.blogspot.com/
Packingan Carrier tidak benar akan mengakibatkan distribusi bebannya tidak merata yang membuat bahu akan menerima beban yang tidak imbang. Hal seperti itu sangat menyiksa sekali karena selama perjalanan kita akan mencangklong tas dalam keadaan yang tidak imbang. Maka dari itu memacking tas carrier dengan benar sangat diperlukan. Selain distribusi beban yang perlu kita perhatikan adalah fungsi kegunaan pada barang tersebut. Sebagai contoh jas hujan yang berguna untuk melindungi saat kondisi hujan sebaiknya diletakkan di atas karena cuaca di gunung tidak mudah untuk diprediksi kecuali jika anda telah berpengalaman.

Kelebihan Barang-Barang

Kelebihan barang-barang saat mendaki
via http://seribusatulangkah.blogspot.com/
Tak jarang dari kita karena terlalu semangat mendaki akan membawa banyak barang yang kadang barang itu kurang berguna atau bahkan tak berguna saat digunung. Bawalah barang secukupnya dengan perkiraan jumlah hari yang ditempuh untuk mendaki gunung yang akan didaki.

Bergantung pada Teman

Perlengkapan pribadi itu wajib untuk dibawa oleh tiap-tiap individu karena jika kita tersesat maka tiap individu masih mempunyai peralatan untuk bisa survive dan keluar dari ketersesatan tersebut. Kurangilah sifat bergantung pada teman untuk membawa peralatan pribadi tersebut karena peralatan teman kita sudah banyak jadi jangan menambah beban yang seharusnya kita bawa sendiri haha.

Demikian postingan saya tentang hal-hal yang sering disepelekan saat mendaki gunung semoga bisa bermanffat buat anda yang ingin mendaki gunung. Selamat mendaki dan jadilah pendaki yang peduli akan alam dan lingkungan. Membawa sampah ke bawah dan dibuang ditempat sampah merupakan ciri pendaki yang bertanggung jawab :-)

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Hal-hal yang Sering Disepelekan Saat Mendaki"