Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan yang terletak di perbatasan kabupaten mojokerto dan pasuruan ini merupakan gunung istirahat yang merupakan rangkaian gunung arjuno-welirang. Bagi anda yang berdomisili surabaya yang penat kerja atau kuliah dan menginginkan suasana nyaman, udara segar dan pemandangan yang indah dengan jarak tempuh yang tak begitu jauh gunung penanggungan bisa menjadi alternatif anda. Dengan ketinggian 1635 mdpl memungkinkan anda untuk naik-turun dalam waktu sehari pada week end anda. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan di gunung penanggungan :

Hiking

puncak gunung penanggungan jawa timur
padank dan k-conk di puncak penanggungan


Bagi anda yang penat dengan rutinitas harian namum mempunyai waktu terbatas dan hasrat untuk mendaki gunung telah memuncak maka penanggungan bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Meski tak perlu logistik yang berlebihan dan perlengkapan yang begitu lengkap namun jangan sekali-kali meremehkan gunung atau menganggap enteng gunung pokoknya safety first karena masih ada orang yang menanti kita untuk kembali.

Happy Camp

happy camp di puncak bayangan penanggungan
Happy camp di puncak bayangan penanggungan
Pada happy camp ini tentunya logistiknya haruslah super lengkap karena mendaki ini hanya untuk berpindah tempat untuk menikmati makanan sambil melihat keindahan alam ini. Anda bisa melakukan camp di puncak bayangan yang merupakan dataran yang luas dan sangat cocok untuk mendirikan tenda. Makan di tempat yang berbeda dengan suasana yang nyaman dan tentunya makanan yang lezat menjadi tujuan utama dari happy camp ini. Udara yang dingin dengan ditemani secangkir kopi dan rokok akan memunculkan ide-ide bagus di kepala dan menghilangkan kepenatan kita.

Pemanasan

Pemanasan sebelum muncak gunung yang lebih tinggi

Gunung penanggungan ini sangat disarankan bagi pemula sebelum anda mendaki gunung-gunung yang lebih tinggi seperti arjuno, welirang dan semeru. Walaupun hanya mempunyai ketinggian 1635 mdpl gunung penanggungan ini mempunyai trek yang tak bisa dikatakan mudah. Jalan yang cenderung longsor pada musim kemarau dan licin pada musim hujan bisa menjadi pelajaran untuk melewati medan tersebut.

Dengan panjang rute mencapai puncak penanggungan kurang lebih 4,2 km dengan tas carrier dipundak kita bisa dijadikan untuk pemanasan sebelum mendaki gunung-gunung yang lebih tinggi. Trek 1 km pertama masihlah bonus yaitu jalan bebatuan masih dengan sudut elevasi 0 derajat. Km kedua sudah memasuki jalan setapak dengan sudut elevasi mulai mulai bertambah dan suasana kaki pegunungan mulai terasa. Kilometer berikutnya hingga menuju puncak trek mulai menunjukkan ketangguhannya dengan sudut elevasi bisa mencapai 70 derajat dan dengan batu-batu yang labil jika diinjak menjadi sensasi tersendiri pada trek ini.

Demikian hal-hal yang bisa kamu lakukan di gunung penanggungan selamat mendaki dan utamakan selamat karena ada orang yang menunggumu di bawah sana. Jangan lupa untuk membawa kembali sampahnya karena gunung bukanlah tempat untuk membuang sampah.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Penanggungan"

  1. Sepertinya mas pecinta alam nih, memang diakui oleh kajian psikologi dengan menempuh puncak gunung akan ada kelegaan dan kepuasan tersendiri.

    Seakan-akan perjuangan dalam menempuh perjalanan dapat dilalui. Selain itu, juga bagus buat terapi stres dan buat kesehatan jasmani akan lebih kuat karena terlatih mentalnya.

    Di Sukabumi juga ada mas.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya hanya penikmat alam aja mas :D
      di sukabumi yang populer gunung apa mas ?
      boleh ni kapan kapan main ke sukabumi :-)
      salam kenal mas :-)

      Hapus