Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari. Gunung Arjuno merupakan gunung api yang sudah tidak aktiv yang terletak di kabupaten mojokerto. Gunung yang mempunyai ketinggian 3339 mdpl ini bisa didaki melalui jalur tretes, purwosari dan cangar. Berikut ini merupakan jalur pendakian gunung arjuno via purwosari start dari surabaya menggunakan kendaraan pribadi.

Sunrise di arjuno
Sunrise di puncak arjuno
Surabaya -  Purwosari

Dari surabaya ikuti jalur menuju malang hingga sampai di daerah purwosari. Setelah anda melewati pertigaan yang jika ke kiri ke arah pasar purwosari jika ke kanan ke arah malang maka ikuti ke arah malang dengan melihat kanan jalan. Cari jalan yang berada di samping pegadaian kemudian masuk jalan tersebut dan ikuti jalan itu hingga mencapai dusun terakhir yang bernama tambak watu. Pada desa terakhir tersebut anda akan menemukan sebuah rumah yang dijadikan basecamp untuk pendakian arjuno ini. Terakhir pada tanggal 20 maret 2015 saya membayar Rp 9000,- untuk administrasi mendaki gunung arjuno ini.

Basecamp - Pos Ontobogo

Guo Ontobogo


Pos pertama jalur pendakian gunung arjuno via purwosari ini adalah ontobogo yang ditandai dengan sebuah gapura yang ada tulisannya goa ontoboego dan patung naga kembar. Perjalanan menuju ontobogo didominasi dengan bebatuan dan belum terlalu menanjak. Sepanjang jalur pendakian menuju pos ontobogo ini kita akan mendapati pipa air di kanan atau kiri jalur. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan santai.

Ontobogo - Tampuono


Dari ontobogo perjalanan menuju puncak arjuno dilanjutkan dengan tujuan tampuono. Pada trek ini mulai agak menanjak dengan kondisi jalanan masih sama yaitu makadam dengan pipa air ada di sebelah kanan atau kiri jalur. Di pos tampuono anda akan menemui pondokan-pondokan yang biasa dipakai oleh para petapa. Jika pondokan-pondokan ini kosong anda bisa bermalam di pondokan ini dengan syarat tetap menjaga kebersihan. Perjalanan dari ontobogo menuju tampuono ini memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Tampuono - Eyang Sakri

Dari tampuono menuju eyang sakri sangatlah dekat bisa ditempuh dengan waktu 10 menit perjalanan santai. Trek ini telah memasuki hutan dengan pohon besar-besar ada disekitar kita dan suasana yang mencekam pada malam hari.

Eyang Sakri - Eyang Semar


eyang semar
Pos Eyang Semar
Selama perjalanan menuju pos eyang semar kondisi jalan merupakan tanah merah menyusuri hutan yang lumayan lebat. Kicauan hewan terdengar saling bersautan apalagi pada saat sore menjelang maghrib anda akan mendengar suara burung hantu yang akan menambah suasana menjadi mencekam. Siapkan kekuatan untuk menempuh perjalanan ini karena jalanan sudah mulai menanjak pada trek ini hingga 40 menit perjalanan anda akan menemui pos eyang semar dengan ditandai podokan-pondokan para petapa.

Eyang Semar - Mahkutoromo


Candi sepilar
Candi sepilar
Mahkutoromo ini merupakan pos terakhir pendakian gunung arjuno via purwosari yang terdapat sumber air. Perjalanan menuju mahkutoromo memakan waktu 30 menit dari eyang semar. Trek berupa batu batu dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Anda bisa melakukan camp di mahkutoromo atau lanjut menuju jawa dipa untuk mengurangi jarak menuju puncak.

Mahkutoromo - Puncak


puncak ogal agil arjuno


Untuk mencapai puncak dari mahkutoromo memakan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan santai. Sebelum puncak anda akan melewati sepilar lalu jawa dipa lalu pertemuan jalur purwosari dengan lawang. Untuk mencapai puncak ini anda mengitari bukit hingga mencapai puncak bukit itu dan menuju ke gunung arjuno atau puncak ogal-agil tersebut. Jika anda ingin ngecamp di puncak yang perlu diperhatikan adalah kondisi cuaca di puncak dan perbekalan air untuk berkemah karena jarak antara mahkutoromo menuju puncak lumayan jauh. Setelah mencapai puncak anda akan merasa lega karena setelah bersusah payah akhirnya terbayar sudah jerih payah tersebut dengan pemandangan alam yang indah.

Demikian postingan saya tentang jalur pendakian gunung arjuno via purwosari semoga bisa membantu anda sebelum mendaki gunung tersebut. jadilah pendaki yang bijaksana dengan tidak membuang sampah sembarangan. :D

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

3 Responses to "Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari"