10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib dikunjungi

Yogyakarta atau sering disebut dengan Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang sering dikunjungi oleh wisata asing. Propinsi yang berbatasan dengan Jawa tengah ini mempunyai aneka wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Jika anda mempunyai waktu luang anda bisa mengunjungi seluruh wisata yang ada di Propoinsi DIY ini namun jika anda mempunyai keterbatasan waktu berikut adalah 10 tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi :

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta


Belum afdol jika ke jogja tapi belum mengunjungi keraton jogja karena sejarah kota ini berkumpul pada bangunan tersebut. Bangunan yang berasitektur kesultanan kuno ini merupakan tempat tinggal sultan dan para keluarganya. Keraton ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 14.00 saja jadi jika anda ingin berkunjung ke sana sesuaikan jadwal anda. Di keraton yogyakarta anda dapat menikmati barang-barang kuno yang merupakan koleksi dari kesultanan yogyakarta.

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembiraloka


Kebun binatang ini cocok untuk wisata keluarga yang menawarkan lokasi yang sejuk dengan berbagai koleksi faunanya yang lengkap. Anda dapat melihat dan berinteraksi bahkan berfoto ria dengan hewan-hewan yang tentunya bukan hewan liar. Selain itu gembira loka menyediakan tempat khusus untuk bersantai dan wahana untuk bermain anak-anak anda.

Gunung Merapi

Gunung Merapi indonesia


Bagi anda pecinta alam atau yang suka mendaki jangan melewatkan keindahan puncak gunung merapi ini. Gunung yang mempunyai ketinggian 2968 mdpl ini merupakan gunung yang mempunyai daya rusak tinggi dan paling aktiv diantara sekian banyak gunung api yang ada di Indonesia. Dengan puncak yang berpasir dan kawah yang masih aktiv serta pemandangan gunung-gunung disekitarnya membuat gunung ini wajib untuk didaki selama kondisi gunung aman untuk didaki.

Goa Jomblang

Goa Jomblang


Goa yang terletak di kabupaten gunung kidul ini merupakan goa vertikal dengan pemandangan hutan purba yang indah. Untuk mencapai dasar goa ini diperlukan peralatan khusus sehingga biaya untuk memasuki goa jomblang ini lumayan banyak. Waktu yang tepat untuk memasuki goa ini adalah sekitar pukul 10.00 hingga 12.00 karena pada saat itu anda akan melihat cahaya yang masuk ke goa seperti cahaya dari surga.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Jogja


Masih di Kabupaten Gunung kidul anda bisa menyusuri pantai selatan yang masih alami-alami di kabupaten ini salah satunya pantai pok tunggal. Pantai yang diapit oleh dua tebing ini merupakan lokasi wisata yang belum terlalu lama jika dibandingkan dengan pantai yang berada di sekitarnya. Karena wilayahnya yang berseberangan dengan pantai baron, krakal, kukup dan lain sebagainya maka untuk mencapai kawasan pantai ini dari kota yogyakarta anda bisa membaca postingan jalan alternatif menuju baron dari kota yogyakarta.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru


Wisata alam yang terletak di kabupaten kulon progo ini menawarkan pemandangan alam dengan background pegunungan menoreh dan waduk sermo. Suasana yang asri bisa menyegarkan pikiran anda dari penatnya rutinitas sehari-hari yang membosankan. Untuk informasi lebih detailnya anda bisa membaca postingan Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo.

Candi Prambanan

Candi Prambanan yogyakarta


Candi yang terletak di kabupaten sleman ini merupakan salah satu wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Candi hindu yang terbesar di Indonesia ini berhiaskan relief-relief yang menceritakan kisah ramayana dan khrisnayana. Untuk mencapai candi prambanan ini anda bisa menggunakan trans jogja dan turun di shelter prambanan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis


Pantai yang terletak di bantul ini seperti kebanyakan pantai selatan menawarkan ombak yang lumayan besar. Karena pantai ini sudah terkenal tak heran jika pengunjung pantai ini banyak padahal jika dibandingkan pantai-pantai di gunung kidul kalah jauh dari segi keasriannya. Lokasi yang mudah dicapai dan nama yang sudah mendunia menjadikan pantai ini tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi oleh anda.

Pantai Baru

Peta Wisata Pantai baru


Masih di kota Bantul Projotamansari anda bisa menikmati pantai yang paling muda di yogyakarta yaitu pantai baru. Pantai yang masih jarang pengunjungnya ini mempunyai panjang pantai kurang lebih 4000 m. Pantai yang teduh, nyaman dan masih bersih ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga anda. Untuk mencapai pantai baru ini anda dapat naik bus jurusan bantul atau srandakan dari terminal giwangan kemudian turun di jembatan sungai progo. Setelah itu anda bisa berjalan atau mengojek dengan mengikuti petunjuk arah menuju pantai baru.

Malioboro

Jalan malioboro yogyakarta


Setelah mengunjungi wisata alam dan wisata budaya kini saatnya untuk membeli oleh-oleh khas jogja atau membeli makanan khas di jl. Malioboro ini. Malioboro ini merupakan tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi terutama pada saat malam hari. Karena pada malam hari suasana jl. Malioboro akan menjadi nyaman untuk cangkrukan sambil makan di angkringan. Segala macam oleh-oleh bisa anda dapatkan di jl malioboro ini jangan lupa untuk menawar harga untuk mendapatkan harga semurah mungkin :D.

Demikian postingan saya tentang 10 tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi selamat berwisata ria dan selamat datang di Jogja Berhati Nyaman. :D



Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

7 Responses to "10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib dikunjungi"

  1. Wow ternyata banyaj juga tempat wisata di jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih belum semua gan tempat wisatanya haha

      Hapus
  2. wah bisa ni ane jadiin tempat wisata kalau ane jadi kuliah di jogja :)

    http://tipstrik-ayat.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Tempatnya wisata di jogja emang ga ada habisnya. (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gakmau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    Kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. www.bumentik.com

    Terimakasih.. :)

    BalasHapus