Gerakan Heaving Kapal pada Regular Wave

Center of bouyancy
Hari ini merupakan pertama kalinya dalam semester ini aku kuliah selama dua setengah jam tanpa keluar untuk ngantin :-p. Pada kuliah ini dijelaskan tentang persamaan gerak heaving kapal pada gelombang reguler (regular wave). Apa si gerak heave itu ? Heave atau heaving adalah gerak kapal ke atas atau ke bawah (searah sumbu - Z). Jadi dengan mengetahui persamaan gerak heaving kapal kita bisa mengetahui posisi kapal pada waktu t.

Pada kuliah kali ini waktu terasa sangat cepat entah kenapa aku juga gak tau. Mungkin karena aku serius ya jadi lupa waktu :-p apapun itu yang jelas pada kuliah hari ini materi yang disampaikan aku bisa memahaminya tak seperti biasanya hanya masuk lewat telinga kanan keluar lewat telinga kiri :v.

Langsung saja masuk materi kuliah tak usah banyak cingcong. Berikut adalah persamaan umum gerakan heaving kapal pada regular wave :
Persamaan gerak heave kapal pada regular wave
Persamaan gerak heave kapal pada regular wave
inertia force

Merupakan inertia force yang mana nilai a terdiri dari massa kapal + added mass.

damping force

Merupakan damping force yaitu gaya yang melawan arah gerak pada saat gerakan itu berlangsung.

restoring force

Merupakan restoring force yaitu gaya pengembali menuju posisi setimbang.


exciting force
Merupakan exciting force yaitu gaya yang terjadi dari luar kapal seperti gelombang air laut.


Tahap pertama yang dicari adalah nilai a,b,c, Fo dan ωe. Setelah nilai-nilai tersebut diketahui selanjutnya mencari nilai Z dengan menggunakan kondisi batas dan persamaan euler dan akan membentuk sebuah persamaan sebagai berikut :

persamaan gerak
Dimana harga C1 dan C2 dapat diketahui melalui kondisi batas dan harga v sama dengan b dibagi dengan 2a.
Persamaan gerak heave kapal
Akhirnya kita bisa mengetahui gerak heave kapal pada saat t berapapun dengan menggunakan persamaan gerakan heaving kapal pada regular wave di atas. Mungkin itu saja resume kuliah dinamika kapal pada hari ini. Untuk selanjutnya semoga aku bisa memposting contoh soal dan pembahasannya. Terimakasih :D

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Gerakan Heaving Kapal pada Regular Wave"