Wisata Pulau Sempu Malang

Pulau sempu merupakan pulau yang berada di selatan kota malang. Lokasinya berada di pantai selatan Kabupaten Malang dan secara administratif masuk Desa Tambak Rejo Desa, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau yang didominasi oleh perbukitan karst yang terjal di tepinya dan mempunyai daratan seluas 877 hektar ini, adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru, Kulon Progo

Pulau sempu ini mempunyai telaga yang indah yaitu telaga segara anakan yang terletak sekitar 2,5 km ke arah selatan pulai ini. Untuk mencapai danau ini kita harus berjalan sekitar kurang lebih 2 jam menyusuri jalan setapak yang agak licin saat basah. Pada perjalanan ini kita menembus hutan yang masih lebat dan agak gelap karena hanya sedikit sinar matahari yang menembus hutan ini.

Perjuangan untuk mencapai telaga segara anakan ini memang setimpal dengan hasil yang akan kita peroleh karena tempat ini sungguh menawan hati. Pantai berpasir putih dan birunya air yang tenang, akan menyejukkan pandangan saat di lihat. Telaga ini mendapatkan supai air asin dari terowongan yang ditembus oleh ombak laut selatan.

Transportasi

untuk mencapai pulau sempu yang berada sejauh 80 km dari kota malang kita bisa menggunakan mini bus dari arjosari - pasar turen. Dari pasar turen naik mikrolet menuju pantai sendang biru. Dari sendang biru kita mencarter perahu dengan harga Rp 100.000,- per perahu menuju pulau sempu. Sangat disarankan jangan sampai kesorean mencapai pasar turen karena perjalanan untuk mencapai pantai sendang biru lumayan jauh dan cukup rawan.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil makan rute yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut :
1. Jalur antar kota Malang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu.
2. Malang-Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu.

Perlu diingat bahwa pulau sempu bukanlah tempat wisata akan tetapi cagar alam oleh karena itu kita wajib memiliki surat ijin untuk memasuki kawasan konservasi ini. Dan kita juga harus menjaga kelestarian alam Indonesia agar kelak anak cucu kita bisa menikmati keindahan alam Indonesia

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Wisata Pulau Sempu Malang"