wisata alam kalibiru

Wisata alam Kalibiru sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas harian di kantor atau meja pembelajaran :p. Suasana di tempat ini sangat asri dan dijamin bisa menyejukan mata dan fikiran Anda. Wisata Alam Kalibiru berlokasi di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi wisata alam kalibiru ini berada di kurang lebih 40 km di sebelah barat Kota Yogyakarta, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Wisata Alam kalibiru ini dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar hutan negara yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam kalibiru ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Pembangunan wisata alam Kalibiru dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan atas dasar Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan selama 35 tahun - (terhitung sejak 14 Pebruari 2008) - yang telah dipercayakan oleh Pemerintah kepada masyarakat di sekitar hutan Negara tersebut.

Fasilitas di objek wisata alam kalibiru Kulon Progo karena karena sudah termasuk tempat wisata yang terkelola dengan baik, sudah tentu pengelola menyediakan beragam fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung. Di desa wisata alam Kalibiru juga sudah terdapat areal parkir yang memadai, kios-kios penjual makanan, mushola, dan kamar mandi untuk umum. Pemandangan yang indah yang dapat dilihat dari gardu pandang bukanlah satu-satunya hal yang dapat dinikmati di obyek wisata ini.

Di atas puncak Kalibiru ini ada prasasti batu, ada menara pandang dan juga fly over. Dari atas kita bisa melihat lekukan-lekukan Waduk Sermo yang sangat indah dengan hijaunya daun-daun. Tempat ini sangat rekommended untuk dikunjungi :D

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

1 Response to "wisata alam kalibiru"

  1. cantik banget dilihat dari atas,emang benar kata orang gak nyesal jalan2 ke KALIBIRUudah sejuk,kesejukan nya dapat..

    BalasHapus