Tujuan Mendaki Gunung

Dewasa ini banyak yang mulai tertarik dengan pendakian suatu gunung. Terlebih pada saat liburan sekolah banyak para pemuda menghabiskan masa liburnya untuk berwisata salah satunya mendaki gunung. Mendaki gunung tidak hanya sekedar berwisata akan tetapi merupakan suatu olah raga yang harus dipersiapkan dan direncanakan dengan matang karena berada di alam bebas. mungkin ada yang bertanya apa si Tujuan Mendaki Gunung :

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru, Kulon Progo

tujuan mendaki gunung

Tujuan mendaki gunung yang pertama, "untuk hobi"

Bisa dibilang tujuan yang paling rendah adalah Untuk hobi atau kesenangan pribadi semata. Para pendaki gunung yang bertujuan untuk hobi ini, biasanya mendaki gunung untuk sekedar rekreasi, mengisi waktu luang atau melepas kepenatan. Orang-orang ini mendaki gunung untuk menikmati pemandangan alam, menghirup udara segar atau berkemah bersama teman-teman. Puncak gunung bukanlah harga mati, karena yang mereka kejar hanyalah kesenangan semata. Jadi meskipun mereka mendaki gunung tidak sampai ke puncak, sebenarnya mereka sudah cukup puas.

Tujuan mendaki gunung yang kedua “Untuk prestise atau mendapatkan pengakuan”

Para pendaki yang mendaki gunung untuk tujuan seperti ini, yang mereka kejar hanya puncak. Jadi puncak gunung adalah harga mati bagi mereka. Bagaimanapun caranya, puncak harus bisa diraih, karena mereka beranggapan semakin banyak puncak gunung yang dikoleksi, maka prestise akan meningkat pula dan Ia-pun akan mendapat pengakuan dari orang lain (meskipun kenyataannya justru dianggap sombong dan kurang begitu dianggap oleh kebanyakan pendaki).

Tujuan mendaki gunung yang ketiga “Untuk pengalaman dan Ilmu pengetahuan”

Orang-orang yang bertujuan seperti ini tidak hanya pendaki gunung atau petualang saja, tetapi bisa juga para ahli yang mendaki gunung untuk keperluan penelitian. Contoh: Seorang ahli Vulkanologi harus mendaki gunung untuk meneliti keadaan kawah sebuah gunung, Seorang pendaki yang mendaki gunung untuk keperluan membuat peta, seorang ahli yang mendaki gunung untuk keperluan meneliti jenis-jenis hewan dan tumbuhan di sebuah gunung, seorang petualang yang mendaki gunung untuk membuka jalur pendakian atau mencari lokasi sumber air dsb. Orang-orang yang memiliki tujuan ini, biasanya mengabaikan prestise atau bahkan nyawanya sekalipun karena tujuan utama mereka adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam benak mereka. Demi ilmu pengetahuan dan pengalaman baru sehingga bermanfaat untuk dirinya dan juga orang lain.


Tujuan mendaki gunung yang keempat “Untuk pelestarian alam atau misi penyelamatan”

Biasanya banyak dari kalangan para pecinta alam (Pecinta alam yang sebenarnya), Tim SAR atau polisi hutan. Mereka mendaki gunung untuk kelestarian alam, misalnya reboisasi di lereng gunung, ekspedisi bersih-bersih gunung dari coretan-coretan dan sampah gunung, perbaikan jalur pendakian untuk mencegah adanya jalur-jalur bayangan yang akan menyesatkan pendaki, Tim SAR yang mendaki gunung untuk mencari pendaki yang hilang, para polisi hutan yang mendaki gunung untuk menjaga hutan dari bahaya kebakaran atau memburu para penebang dan pemburu liar.

Tujuan Mendaki gunung yang kelima “Untuk mengasah pribadi dan menemukan hakekat diri”

Orang-orang yang memiliki tujuan seperti inilah orang yang mampu berguru pada alam. Mereka mendaki gunung untuk menyendiri dan merenung guna mendapatkan kedamaian dan pencerahan dari Alloh dengan mengakrabkan diri pada alam. Karena dengan begitu mereka akan tahu bahwa dirinya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan alam apalagi Sang Pencipta alam. Tujuan mendaki gunung seperti ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para pertapa saja, yang biasanya mendaki gunung dan tinggal disana dalam waktu yang cukup lama sampai mendapat ilmu. Namun, sebenarnya para pendaki gunung biasa juga bisa memiliki tujuan seperti ini, kebanyakan para pendaki yang sudah cukup berpengalaman biasanya mendaki gunung untuk tujuan seperti ini. Mereka mendaki gunung bukan lagi untuk hobi atau mengejar prestise, tetapi mereka mendaki karena panggilan jiwa yang harus terus dipenuhi. Mereka seolah tak bisa hidup jauh dari gunung. Meskipun telah lama tidak mendaki gunung, namun keinginan untuk mendaki itu pasti akan tetap ada karena sudah menjadi kebutuhan. Mereka meyakini bahwa ada banyak pelajaran yang bisa diperoleh dari mendaki gunung. Dengan mengakrabkan diri pada alam, maka dengan sendirinya alam akan mengajarkan banyak ilmu kepada kita.

Tujuan Mendaki gunung yang keenam "Mensyukuri keagungan Alloh"

Segala yang ada di alam ini Alloh menciptakan untuk kepentingan hamba-Nya. Berada di puncak gunung melihat hamparan pemandangan yang luas dan indah bisa mendorong kita untuk menjaga dan melestarikan alam ini untuk generasi mendatang. Mensyukuri kebesaran Tuhan mendidik kita untuk tidak sombong dan introspeksi diri, maka dengan sendirinya kita akan bisa menjaga kebersihan gunung dengan membawa kembali sampah yang kita bawa turun. Meskipun perilaku ini kelihatan kecil akan tetapi berawal dari hal-hal kecil inilah sesuatu yang besar akan terjadi.
Jadilah pendaki yang baik dengan tetap menjaga keindahan dan kelestarian alam ini agar kelak anak cucu kita tetap bisa menikmati indahnya bumi pertiwi ini. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan faktor keamanan sebelum mendaki gunung dan luruskan niat tujuan mendaki gunung. Salam Lestari .

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Tujuan Mendaki Gunung"

  1. kalo ane sihh tujuan mendaki gudung biasanya karna pngn refresing aja karna penat pekerjaan . nice sharing gan bermanfaat. sukses selalu buat blog nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya itu salah satunya juga mas .
      makasih mas sama-sama sukses buat kita . :-)

      Hapus