Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Satu kata ini cukup jelas menggambarkan kondisi pendakian di musim penghujan. Menghadapi beragam risiko pendakian di musim hujan bukanlah perkara mudah. Serangan hipotermia mungkin saja terjadi dalam kondisi hujan. Nah, untuk mengatasi masalah itu ada banyak perlengkapan yang perlu disiapkan.

Nah, biar tetap aman dan nyaman dalam pendakian di musim hujan, berikut adalah tips-tips yang semoga bisa membantu teman-teman semua:

Simpan Barang Bawaan Dalam Plastik Kedap Udara

Sebagai langkah antisipasi seluruh barang bawaan basah karena terguyur hujan, ada baiknya menyimpan barang bawaan dalam plastik. Pilihlah plastik kedap udara agar air sama sekali tidak masuk membasahi barang. Utamakan menyimpan gadget dan pakaian dalam plastik dan usahakan terpisah.

Cover Bag

Pakailah cover bag untuk menutupi ranselmu. Cover bag berfungsi mengurangi resiko basahnya bagian dalam ransel. Cover bag, tidak menjamin bagian dalam ranselmu tetap kering. Benda berbahan parasut ini hanya sebatas mengurangi resiko saja loh.

Trash Bag

Trash bag alias kantong sampah juga sangat berguna ketika mendaki di musim hujan. Sebelum melakukan packing, masukan terlebih dahulu trash bag untuk melapisi isi trash bag berfungsi sebagai lapisan pelindung berikutnya selain cover bag. Siapkan pula trash bag cadangan jika trash bag utama mulai rusak dan bocor.

Gunakan ponco ketimbang jas hujan

Walaupun sama-sama waterproof, ponco menyisakan ruang antara badan dengan lapisan ponco sehingga tubuh bisa tetap hangat. Sementara jas hujan menempel di badan dan berpotensi menyerap panas tubuh. Lagipula, pengalaman selama ini sih, jas hujan kalau diterpa badai berjam-jam, biasanya tembus juga ke baju bagian dalam. Jadi kalau menurut ane sih, lebih aman pakai ponco ketimbang jas hujan.

Korek Anti Air

Gunakan korek anti air agar bisa tetap nyala ketika akan digunakan dalam keadaan basah. Jika tidak ada, siapkan korek gas. Jika saat digunakan tidak bisa menyela, teruslah gesek-gesek putaran korek hingga mengering. Dengan begitu, kamu bisa segera menyalahkan peralatan memasak.

Tidak usah terlalu memaksakan diri

Badai, tanah longsor, pohon tumbang, potensi sambaran petir, cuma beberapa dari potensi bahaya mendaki ketika hujan lebat. Kalau merasa tidak yakin akan keamanan perjalanan, lebih baik tidak usah memaksakan diri. Usahakan selalu bertanya kepada penduduk sekitar terkait keamanan perjalanan nanti. Setiap gunung biasanya memiliki karakteristik masing-masing, jadi tidak bisa menggunakan 'pengalaman' di gunung lain untuk merasa pasti terhadap keamanan gunung yang akan kita jalani saat ini.

Termos

Pada saat diterjang hujan dan angin dingin, tubuh membutuhkan kehangatan yang cepat. Oleh karena itu bawalah termos yang berisi minuman panas. Isilah selalu termos di saat yang memungkinkan. Air panas dapat menghindari tubuh dari serangan hipotermia.

Nah, itulah peralatan yang patut disiapkan saat mendaki gunung di musim penghujan. Bagaimana pun juga, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Membawa peralatan secara lengkap dapat mengurangi resiko fatal dalam mendaki gunung di musim hujan. Selamat mendaki di musim hujan

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Mendaki Gunung Saat Musim Hujan"

Posting Komentar