Cara Mengatasi Hipotermia

Apa si hipotermia itu ?

Hipotermia adalah suatu kondisi saat tubuh merasa sangat kedinginan karena mekanisme tubuh kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu dingin. Ketika suhu tubuh mencapai di bawah 35 derajat Celcius itu merupakan ciri hipotermia.

hipotermia

Panas tubuh bisa dijaga pada suhu normal melalui percernaan makanan karena salah satu hasil pencernaan adalah panas. Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara memakan dan minum yang hangat sehingga tubuh akan tetap pada kondisi suhu normal. Tubuh menggigil merupakan usaha alami dari tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh.

Baca juga :Mendaki Gunung sumbing via Kledung

Panas tubuh hilang bersamaan dengan kita mengeluarkan nafas karena setiap hembusan nafas kita membawa udara panas dari tubuh. Selain itu penguapan keringat dari kulit merupakan penyumbang terbesar dari hilangnya panas tubuh. Suhu dari luar juga dapat menyebabkan panas tubuh berkurang. Bagian-bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian akan kontak langsung dengan suhu di luar sehingga suhu dalam tubuh akan ikut turun. Pakaian, jaket dan penutup tubuh lainnya berfungsi untuk menjaga lapisan panas yang ada di kulit kita tidak terbawa oleh udara luar sehingga tubuh tetap pada kondisi suhu normal.

Cara Mengatasi Hipotermia

Ganti baju

cara mencegah hipotermia

Gantilah pakaian si penderita dengan yang kering dan hindarkan dari hembusan angin dengan cara membangun tenda atau mencari tempat yang aman dari hembusan angin. Jangan biarkan si penderita terbaring langsung di atas tanah.

Beri minuman yang hangat dan manis

Untuk mengatasi hipotermia kita bisa memberikan minuman yang hangat dan manis karena dengan minuman yang hangat akan membantu menaikkan suhu tubuh si penderita ke suhu normal. Selain itu kandungan gula pada minuman tersebut mudah untuk diubah menjadi energi.

Masukkan ke Sleeping bag

Masukkan orang yang terkena hipotermia ke dalam kantung tidur atau sleeping bag yang telah dihangatkan dengan cara ditiduri oleh orang yang masih sehat terlebih dahulu. Karena memasukkan si penderita ke dalam sleeping bag yang masih dingin tidak akan membantunya karena si penderita sudah tidak mampu menghangatkan tubuhnya sendiri. Atau kalau sleeping bagnya muat untuk dua orang lebih baik dipakai oleh dua orang untuk membantu menghangatkan si penderita.

Letakkan botol hangat pada si penderita hipotermia

Botol yang diisi air hangat diletakkan di ketiak, perut dan selangkangan si penderita hipotermia akan membantu mengembalikan panas tubuh yang telah hilang. Ingat botol yang berisi air hangat bukan air panas lhoo.

Makan dan minum

Paksa orang yang terkena hipotermia untuk makan dan minum agar mempunyai tenaga untuk menghasilkan panas tubuh.

Tanda-tanda khusus Hipotermia

Suhu tubuh (celcius) pada
38 - 37 : normal
36 - 35 : Menggigil sampai bulu kuduk berdiri, gerak langkah mulai lambat dan koordinasi tubuh mulai terganggu.
35 - 33 : Mulai berbicara tak jelas, langkah kaki sering tersandung dan koordinasi tubuh mulai kabur.
33 - 29 : Semakin menggigil, denyut nadi mulai menurun dan pada kondisi suhu 32 derajat menggigil akan berhenti, kebingungan mulai meningkat pupil (bagian hitam mata) mulai membesar dan gerakan tersentak sentak.
29 - 28 : Penderita sudah mulai ke arah tidak sadar, otot mulai kaku, denyut nadi melemah dan warna kulit kebiru-biruan.
27 : pingsan, kehilangan gerakan-gerakan spontan dan kelihatan seperti meninggal.
26 : Koma, suhu tubuh menurun secara drastis.
20 : denyut jantung berhenti
18 : wassalam.

Dengan mengetahui ciri-ciri orang yang terkena hipotermia dan cara mengatasi hipotermia semoga bisa menghindarkan dan membantu kita dalam menangani hipotermia. Alangkah baiknya mencegah hipotermia dengan membawa pakaian yang tebal dan hangat agak berlebih. tidak masalah berat sedikit asalkan bisa kembali dengan selamat karena mendaki bukanlah soal mencapai puncak akan tetapi bagaimana kita bisa kembali dengan selamat.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Cara Mengatasi Hipotermia"

  1. hipotermia ini termasuk seram ya kalau terlambat penangangannya.
    Biasanya siapa saja ya yang berpotensi untuk terkena hipotermia?
    Apakah umumnya orang tua ya?
    Nice sharing.

    borntobite.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya belum tentu orang tua juga gan .
      anak muda pun bisa terserang soalnya ini tergantung fisiknya saja .
      kalau fisiknya bagus dan mengetahui medan yang akan di daki insyaalloh aman gan hhe .
      makasi

      Hapus