Kalimati - Puncak Mahameru

Kalimati - Puncak Mahameru

Dari Kalimati kita berjalan lurus setelah melewati posko tak jauh dari itu kita belok kanan (jalur baru). Ikuti jalur tersebut kita akan disuguhkan dengan pemandangan edelweis disamping kiri kanan kita. Kondisi jalan licin, berdebu dan agak curam jadi berhati-hati dan jangan lupa pake masker dan kacamata. setelah berjalan kurang lebih dua jam kita akan sampai pada vegetasi terakhir yang kemudian kita akan mendaki leher gunung semeru.

baca juga : Perjalanan Ranu Kumbolo Menuju Kalimati

Jalur baru ini lebih cepat daripada jalur yang melalui arcopodo karena jalur ini merupakan jalur evakuasi. Konsekuensi lebih cepat yaitu jalurnya lebih terjal dibandingkan melalui arcopodo. Akan tetapi jalan setapak pada jalur ini lebih enak dibandingkan jalur arcopodo karena di arcopodo banyak lubang lubangnya.

Setelah melewati vegetasi terakhir anda akan masuk daerah leher gunung semeru dengan kondisi jalan berpasir dan sangat curam. Pada jalur ini diperlukan tenaga ekstra dan harus selalu waspada karena setiap saat ada batu yang menggelinding dari atas. Pada jalur ini diusahakan untuk tidak sendirian karena butuh partner yang saling mengingatkan.

Pada musim kemarau suhu akan sangat dingin berkisar antara 0 - 10 derajat celcius bahkan kadang sampai minus jadi diusahakan untuk terus bergerak agar tubuh kita tidak kedinginan. Dari leher semeru ini pemandangannya bagus terdapat gunung-gunung yang berada disekitar semeru dan sunrise dari tempat ini terlihat lebih menarik dibandingkan dari puncak mahameru.

Di leher puncak mahameru ini, anda akan merasakan seakan-akan puncak sudah dekat padahal jika didekati ternyata bukan puncak atau bahasa kerennya di PHP. Hal ini tidak hanya sekali dua kali akan tetapi berkali-kali oleh karena itu bulatkan tekad dan tambahkan semangat anda sehingga puncak tertinggi se-Jawa bisa anda rasakan.

baca juga : Perjalanan Ranu Pani Menuju Ranu Kumbolo

Setelah anda melihat bebatuan yang besar berarti anda sudah mendekati puncak mahameru ini. Akhirnya setelah berjuang selama berhari hari bisa menyentuh puncak tertinggi se-Jawa. Di puncak jangan sampai siang hari karena angin akan berhembus ke arah utara (puncak). Yang dikhawatirkan bukanlah angin tersebut akan tetapi gas beracun yang dibawa oleh angin tersebut.

Pendakian gunung semeru ini sebaiknya dilakukan pada bulan juni - september karena bulan ini merupakan musim kemarau tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi badai karena saya pernah naik pada bulan agustus dan ada badai. Angin pada bulan Desember - Januari sangatlah kencang dan sering terjadi badai jadi tidak disarankan untuk naik pada bulan ini. Akan tetapi saya pernah naik pada bulan desember cuaca malah cerah dan mendapatkan foto wedhus gembel malahan ya cuaca sekarang memang tak beraturan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita. Selamat mendaki hati-hati jaga selalu keindahan alam Indonesia ini dan jangan lupa tuk selalu berdo'a kepada Yang Maha Kuasa :D . SALAM LESTARI

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Kalimati - Puncak Mahameru"

Posting Komentar