Jalur Pendakian Arjuno Welirang

Pendakian Gunung Arjuno Welirang Via Tretes

Gunung Arjuno merupakan gunung api yang sudah tidak aktiv dengan ketinggian 3339 mdpl. Gunung arjuno ini bersebelah dengan gunung welirang yang mempunyai ketinggian 3156 Mdpl. Untuk mencapai kedua gunung ini bisa dicapai melalui jalur tretes, purwosari dan lawang.

Baca juga : Gunung Argopuro, trek terpanjang se jawa

Surabaya - tretes

Dari surabaya bisa menggunakan bus atau motoran menuju arah pandaan. Setelah bertemu perempatan yang mana jika lurus ke arah malang kita belok ke kanan ke arah tretes atau trawas. Ikuti jalan tersebut hingga mencapai tretes. Tempat perijinan pendakian berada di kanan jalan di kanannya hotel tanjung tretes. Setelah mencapai pos perijinan anda bisa beristirahat dan mempersiapkan diri untuk mendaki gunung arjuno welirang.

Selanjutnya anda berjalan menyusuri jalan bebatuan yang tertata dan mengikuti jalur hardtop. Jalur ini sangat membosankan karena hanya ada batu batu dan kemiringan yang tak berperasaan sehingga membuat putus asa setiap pendaki yang melaluinya. Untuk mencapai pet bocor anda harus menempuh perjalanan kurang lebih satu setengah jam dan satu setengah jam lagi untuk mencapai kokopan. Di kokopan terdapat sumber air yang jernih dan mengalir deras. Di pos ini bisa istirahat sebentar untuk melepas lelah dan menghimpun tenaga untuk perjalanan menuju pondokan. Pada week end atau hari-hari besar yang banyak pendakinya warung di kokopan buka. Penjual warung ini merupakan bapak-bapak agak tua yang ramah dan menjual dengan harga yang wajar. Dari kokopan meju pondokan masih sama mengikuti jalur hardtop dengan kemiringan lebih curam lagi dibandingkan perjalanan menuju kokopan. Setelah berjalan tiga sampai dengan empat jam anda akan mencapai pondokan yang mana merupakan tempat berkemah para penambang belerang. Di pondokan ini terdapat sumber air dan bisa dijadikan tempat untuk berkemah. dari pondokan inilah jalur terbagi menjadi dua yaitu jalur menuju gunung welirang dan jalur menuju gunung arjuno

Pondokan - Arjuno

Dari pondokan ke arah kiri untuk menuju gunung arjuno dengan trek yang masih datar dan alang alang yang tinggi di samping kiri dan kanan. Setelah lima belas menit berjalan anda akan mencapai tempat camp dan sumber air yang bernama lembah kidang. Jika persediaan air sudah berkurang disini anda bisa mengisi ulang hingga penuh lagi karena disini merupakan sumber air terakhir. Dari lembah kidang ini perjalanan masih landai hingga akhirnya mulai menanjak hingga mencapai persipangan jalur ke malang ke welirang dan ke arjuno. Ikuti petunjuk tersebut dengan berbelok ke kiri jika mendaki dari pondokan. Jalur pendakian ini mulai curam sehingga siap siap untuk mengencangkan ikat pinggang anda :D . Semakin berjalan semakin rapat vegetasi disini hingga akhirnya vegetasi habis dan berubah menjadi bebatuan besar yang harus anda lewati. Setelah beberapa kali ter PHP anda akan mencapai puncak ogal agil 3339 Mdpl. Dinamakan Puncak ogal agil karena konon batu batu besar ini bisa bergoyang goyang jika terkena angin yang besar. Sebelum puncak anda akan menuruni turunan curam untuk mencapai lembah yang merupakan pertemuan jalur lawang dengan jalur tretes. Di puncak anginnya lumayan kencang dan jika cuaca cerah anda akan melihat gunung-gunung yang ada di sekitar gunung arjuno seperti gunung welirang, gunung penanggungan, gunung kawi, gunung semeru dan lain lain. Pemandangan yang menurutku sangat eksotis dan sayang untuk dilewatkan :D. Perjalanan dari pondokan menuju puncak gunung arjuno ini bisa dicapai kurang lebih 5 jam perjalanan santai.

Pondokan - Welirang

Dari pondokan menuju puncak welirang sangatlah enak karena tinggal mengikuti jalan yang telah dibuat oleh bapak-bapak penambang belerang. Dengan bebatuan yang tertata sebagai pijakan kaki kita akan memanjakan para pendaki untuk mencapai puncak gunung welirang. Oleh karena itu kita harus berterimakasih kepada para penambang yang telah membuat jalur pendakian semakin mudah :D. Setelah mencapai sabana kecil anda akan bertemu persimpangan yang akan mengarah ke gunung kembar dan puncak gunung welirang. Pada jalur ini ambil jalur ke kanan kemudian anda akan menyisir tepi tebing dengan hati jedag jedug karena jurang yang dalam berada di sisi kita. Tak lama kemudian anda akan menemui persimpangan yang akan mengarah turun dan ke atas ambil yang mengarah ke atas untuk menuju ke puncak welirang. Di puncak welirang tidak ada tanda khusus jika mencapai puncak hanya tumpukan batu saja dan terdapat kawah pada puncakanya. Perjalanan dari pondokan menuju puncak ini memakan waktu antara 3 - 4 jam perjalanan santai.

Semoga tulisan ini bisa membantu dan menambah wawasan anda tentang pendakian :D . Ingat keselamatan haruslah menjadi yang pertama diperhatikan dan jaga kelestarian alam kita. SALAM LESTARI.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Jalur Pendakian Arjuno Welirang"

Posting Komentar