Panderman Gunung Penuh Dengan Monyet

Jika anda berada di kota batu, jawa timur maka anda akan melihat gunung panderman sebagai backdrop kota ini. Gunung panderman bisa dikatakan ikon kota batu karena selama di kota batu anda akan melihat gunung panderman ini. Dengan ketinggian 2045 mdpl atau 2080 mdpl, gunung panderman tidaklah membutuhkan waktu yang lama untuk didaki. Pendaki pertama gunung ini adalah seorang belanda yang bernama Van Der Man sehingga sama penduduk sekitar gunung ini diberi nama gunung Panderman. Panderman merupakan bagian dari pegunungan putri tidur dengan gunung panderman sebagai kaki, gunung kawi sebagai dada dan gunung butak sebagai kepalanya. Jika anda berada di malang coba perhatikan posisi ketiga gunung tersebut pasti akan menyerupai seorang putri yang lagi tidur.

Dari surabaya kita bisa menggunakan bus atau menggunakan sepeda motor menuju kota batu. Jika menggunakan bus maka jalurnya surabaya - arjosari kemudian ganti angkot arjosari - batu. Dari batu naik bus arah kediri atau jombang dan turun di pertigaan dusun pesanggrahan. Setelah itu berjalan menyusuri jalan aspal kurang lebih 2 km menuju dusun Toyomerto. Walaupun sudah beraspal tetapi akan memakan banyak tenaga karena kemiringannya sampai 50 derajat apalagi kalau cuaca panas akan semakin greget. Setelah itu lapor di pos perijinan dan langsung cus berangkat ke puncak.

Selanjutnya berjalan menyusuri makadam sampai kurang lebih 2 jam hingga mencapai oro-oro ombo. di oro-oro ombo ini bisa dijadikan tempat camp atau ingin langsung lanjut ke puncak juga gpp. Dari oro-oro ombo ini tidak terlalu jauh menuju puncak paling hanya 45 menit saja. Jika sudah menemui tugu berarti anda sudah di puncak gunung panderman. Puncak gunung panderman tak seperti puncak karena di puncaknya masih ditumbuhi pohon pohon yang lumayan lebat dan jangan kaget jika makanan anda dirampas monyet monyet liar disana.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Panderman Gunung Penuh Dengan Monyet"

Posting Komentar