Goa Pindul



Goa Pindul adalah objek wisata berupa goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri goa yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.[1] Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir goa, di dalam goa terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.[2] Panjang goa pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Penelusuran goa pindul memakan waktu kurang lebih selama empat puluh menit yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Obyek wisata Goa Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010.[3]

Baca juga : Pantai Ngobaran, pantai yang berbeda dengan pantai lainnya

Berikut Rute menuju Lokasi Goa Pindul WIRAWISATA Gunung Kidul dari Arah Yogyakarta : Yogyakarta – Jalan Wonosari – Jalan Piyungan – Bukit Patuk – Lampu merah perempatan Sambi pitu ke arah Hutan Bunder – Hutan Bunder (Rest Area Bunder) – Lanud TNI AU Gading – Lampu merah Pertigaan Timur Lanud TNI AU ke kiri – Logandeng – Siyono – Bundaran Siyono (Tugu Air Mancur BPD DIY) kiri ke arah Piyaman – Pertigaan (Ring Road) Piyaman belok kanan - Rumah Sakit PKU – Lampu merah Perempatan Budegan lurus – Pertigaan Grogol ke kiri (gerbang Desa Bejiharjo) – Mengikuti jalan aspal sampai menjumpai tulisan Selamat Datang Di Desa Wisata Bejiharjo WIRAWISATA .
Fasilitas Objek Wisata Goa pindul yang berlokasi di Desa Bejiharajo Kecamatan Karangmojo Wonosari Gunung Kidul Jogjakarta seperti di bawah ini:
Harga tiket masuk Goa Pindul
Untuk tiket wisata Cave Tubing Goa Pindul nantinya dikenakan 35ribu/orang saja dan nanti segala fasilitas obyek akan disediakan oleh pihak sekretariat seperti (baju pelampung, ban pelampung, loker penitipan barang, jasa pemandu, asuransi, kamar mandi, mushola, rest area untuk istirahat dan tempat parkir yang sangat nyaman dan aman. Oleh karena itu anda semua gak perlu kuatir untuk berlibur ke obyek wisata Goa Pindul.
Harga tiket masuk Sungai Oya
Untuk tiket wisata Sungai Oya dikenakan biaya 45ribu/orang saja dan nantinya segala fasilitas obyek ini akan disediakan oleh sekretariat seperti (baju pelampung, sepatu karet, loket penitipan barang, kamar mandi, mushola, rest area untuk istirahat keluarga, jasa pemandu, jasa asuransi dan tempat parkir yang sangat nyaman dan aman. Wisata ini sangat cocok dan aman buat semua rombongan anda. Untuk tiket wisata ini juga sangat terjangkau buat anda semuanya!
Harga tersebut merupakan harga pada tanggal 29 Juli 2014.
Referensi :
  1. ^ "Cave Tubing Gua Pindul: Petualangan Mengarungi Sungai Bawah Tanah yang Sarat Kisah". Yogyes.com . Diakses 30 April 2014.  
  2. ^ "Gua Pindul". Obyek Wisata Indonesia. Diakses 3 Mei 2014.  
  3. ^ "Bertualang di Sungai Bawah Tanah Gua Pindul". Detik Travel. Diakses 30 April 2014.  

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Goa Pindul"

Posting Komentar