Surabaya - Ranu Pani

Perjalanan dari Surabaya menuju ranu Pani

Jika anda ingin melakukan perjalanan ke Ranu Pani untuk melakukan pendakian gunung semeru berikut akan saya paparkan informasi rute perjalanan dari surabaya menuju Ranu Pani. Semoga bisa membantu :D

Baca juga : Perjalanan dari Ranu pani menuju Ranu kumbolo

Bungurasih - Arjosari

Dari terminal Bungurasih anda bisa mencari bus jurusan surabaya - malang untuk bus patas tarifnya Rp 25.000,- dan bus ekonomi Rp 15.000,- . Lama perjalanan surabaya - malang 3 - 4 jam tergatung macet atau tidaknya pernah juga tembus 1,5 jam perjalanan tengah malam dengan naik bison.

Arjosari - Tumpang

Setelah tiba di terminal Arjosari jika kita menenteng tas carrier kita langsung ditawari angkot menuju tumpang. untuk harga angkot menuju tumpang ini bervariasi mulai dari Rp 4000,- sampai dengan Rp 10.000,- tergantung waktu dan pintar-pintar kita bernegosiasi dengan sopir angkot tersebut. Arjosari - tumpang ini menghabiskan waktu kurang lebih 30 - 45 menit. Di elvamart tumpang kita bisa membeli logistik dan perlengkapan yang belum kita bawa. Jangan lupa juga tuk mencari surat keterangan sehat jika belum membawa karena di pos perijinan Ranu Pani pasti akan ditolak tuk mendaki jika tanpa surat itu.

Tumpang - Rest Area Jeep

Semenjak Juli 2014 ada peraturan baru yang mengharuskan naik angkot dulu menuju rest area jeep baru naik jeep atau truck. Kalau dulu dari tumpang (depan elvamart) kita bisa langsung naik jeep. Angkot menuju rest area ini dikenakan biaya Rp 4000,-. Setelah 30 menit perjalanan dengan angkot kita akan mencapai rest area jeep dan merasakan segarnya udara pegunungan :D

Baca juga : Sejarah Ranu Kumbolo

Rest Area Jeep - Ranu Pani

Dari rest area ini kita bisa memilih naik Jeep atau naik Truck. Jeep atau truck ini sekali angkut Rp 500.000,- (13 Juni 2014) untuk satu rombongan (15 orang). Perjalanan menuju ranu pani ini kurang lebih memakan waktu 2 - 3 jam.

selain menggunakan bus bisa juga menggunakan kereta dari surabaya.

Stasiun Gubeng - Stasiun Malang kota baru

Dari St. Gubeng - St. Malang kita hanya mengeluarkan Rp 5.500,- untuk membeli tiket tersebut kecuali jika menggunakan kereta ekspress harganya akan berbeda. Berikut adalah jadwal keberangkatan kereta api Surabaya Gubeng - Malang.

Penataran 04.40 - 07.19
Penataran 08.03 - 11.01
Penataran 11.18 - 14.39
Penataran 15.58 - 19.01
Penataran 20.20 - 23.04
Penataran Ekspress 18.50 - 21.03

Sesampainya di St. Malang kota baru kita bisa menggunakan angkot menuju Arjosari dengan harga Rp. 4000,- dan rute selanjutnya seperti yang telah disampaikan di atas. Atau kita bisa menyarter angkot langsung menuju TKP. Dengan kemampuan tawar menawar yang bagus kita akan mendapatkan harga yang sewajarnya dalam menyarter angkot tersebut. Semoga tulisan ini bisa membantu anda.

SALAM LESTARI !!!

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Surabaya - Ranu Pani"

Posting Komentar