Asal Mula Ranu Kumbolo

Cerita Asal Mula Ranu kumbolo

Ranu Kumbolo, hampir semua orang Indonesia mengetahui tempat ini baik secara langsung maupun lewat film 5 cm. Dibalik keindahan dan kenyamanannya, taukah anda tentang cerita asal mulanya ranu kumbolo ? Berikut akan saya paparkan cerita asal mulanya ranu kumbolo berdasarkan cerita yang ditayangkan oleh MNCTV.

Dahulu kala hidup seorang pasangan suami istri yang sangat miskin bernama Marmoyo dan Sawitri. Pada saat hamil muda sawitri ngidam ingin makan ikan. Marmoyopun pergi ke sungai tuk memancing ikan karena tak punya cukup uang tuk membeli ikan di pasar. Marmoyo kaget karena ikan mas hasil pancingannya bisa bicara dan sisiknya bisa berubah menjadi kepingan emas.
Akhirnya ikan itu dipelihara dan dirahasiakan dari istrinya kalau ikan itu bisa mengeluarkan kepingan emas dari sisiknya. Marmoyopun pergi ke pasar untuk menjual emas dan membeli ikan untuk istrinya. Sawitri yang sudah tak kuat menahan rasa lapar melihat ada ikan emas di dalam gentong dan menggorengnya. Sepulang dari pasar marmoyo kaget karena ikan mas tersebut tinggal kepal dan tulangnya saja. Marmoyopun menceritakan kepada istrinya bahwa ikan yang dimakannya adalah ikan ajaib.
Asal Mula Ranu Kumbolo

Sawitri mendapatkan kutukan karena telah memakan ikan ajaib dengan lahirnya seorang laki-laki bersisik seperti ikan. anak itu diberi nama kumbolo sama marmoyo dan sawitri. Kumbolo tumbuh menjadi anak yang pintar berenang dan menyelam cukup lama dalam air. Karena keanehannya kumbolo jadi terasing dan selalu menjadi bahan ejekan dari teman teman sebayanya.

Suatu hari kumbolo menolong raja lele yang terjepit di dasar sungai. Sebagai rasa terimakasih raja lele memberi tau kumbolo bahwa sisik ditubuhnya bisa hilang dengan mutiara pelangi yang ada di puncak gunung semeru. Kumbolo juga diberi kumis lele yang bisa berubah menjadi tongkat, cambuk sakti dan bisa dijadikan ikat pinggang.


Baca juga : Menyapa Keindahan Gunung Argopuro

Dengan restu kedua orang tuanya kumbolo pergi untuk menemukan mutiara pelangi di puncak gunung semeru. Setapak demi setapak rintangan demi rintangan telah kumbolo lalui akhirnya kumbolo mencapai puncak gunung semeru dan melihat mutiara yang berkilauan. Orang tua kumbolo khawatir dengan anaknya dan mulai menyusul. Akan tetapi pada saat tiba di lereng semuru mereka dikerjai oleh 3 bocah nakal. Perbekalan mereka dicuri dan disesatkan di dalam hutan.

Setelah kumbolo berhasil mengambil mutiara pelangi dan meninggalkan puncak gunung semeru. Akan tetapi sampai di pertengahan lereng gunung semeru kumbolo dicegat oleh 3 bocah nakal yang ingin merampas mutiara pelangi. Perebutanpun tak dapat terelakkan akhirnya mutiara itu jatuh dan amblas. Ajaibnya dari tanah itu langsung muncul mata air yang dahsyat dan dalam sekejab berubah menjadi danau. Tiga bocah nakal tersebut tewas karena tenggelam. Setelah sekian lama akhirnya orang tua kumbolo mencapai danau tersebut. Mereka kaget karena melihat danau (ranu) yang indah dan melihat kumbolo menyembul dari danau dengan sisik ikan yang sudah hilang. Akhirnya mereka menyebut danau tersebut dengan nama Ranu Kumbolo.

Asal Mula Ranu Kumbolo

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Asal Mula Ranu Kumbolo"

Posting Komentar