Ora Ubet Ora Ngliwet

Ora ubet ora ngliwet, ora obah ora mamah merupakan pepatah jawa yang berarti nggak ulet nggak bisa masak nasi, nggak bergerak nggak makan. Pepatah ini mengajarkan kepada kita jika kita tidak bekerja kita tidak akan bisa makan. Walaupun rejeki itu sudah diatur sama Yang Kuasa akan tetapi jika kita tidak menjemputnya, rejeki itu tidak akan sampai kepada kita. Bekerja disini tidak harus identik dengan kantoran karena ada beragam jenis pekerjaan yang bisa dijalani di dunia ini. Mencari uang itu tidaklah susah asalkan kita mau bergerak dan selalu bersyukur atas apa yang telah kita peroleh.

Usaha tidaklah dinilai dari keras tidaknya dan lama tidaknya akan tetapi usaha adalah suatu aktifitas yang harus didukung dengan ketepatan seperti gerak mengunyah (mamah). Ketika mengunyah kita dituntut untuk tepat karena jika tidak bisa bisa kita akan menggigit lidah sendiri. Jika setiap mengunyah dan tergigit lidahnya maka usaha itu tidak tepat seperti halnya orang bekerja keras yang tanpa hasil malah sengsara.

Untuk bisa tepat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan untuk itu diperlukan belajar dan berlatih, belajar dan berlatih kemudian belajar dan berlatih dalam kehidupan ini. Selamat bergerak kawan :-) . Laiknya mengendarai onthel untuk mempertahankan keseimbangannya kita harus terus bergerak.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Ora Ubet Ora Ngliwet"

Posting Komentar