Jalan Alternatif Menuju Baron

Wisata Pantai baron, kukup, sundak, krakal dan sekitarnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat jogja maupun luar jogja. Pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa untuk di lihat. Alam sekitar yang masih indah membuat mata tak bosan untuk melihatnya. Gelombang lautnya yang menantang menjadikan daya tarik tersendiri baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk mengisi  hari-hari libur tempat ini bisa menjadi referensi untuk menyaksikan ciptaan Alloh SWT.

Untuk mencapai pantai tersebut dari pusat kota Jogjakarta kurang lebih kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 70 KM atau dua jam perjalanan. Dengan rute jogja ==> wonosari ==> baron. Pada rute ini selain ramai kalau pada musim liburan juga jalannya kecil dan berkelok-kelok. Selain itu juga banyak jalan yang naik turun jadi membutuhkan kendaraan yang fit begitu juga dengan stamina. Walaupun jalan untuk ke pantai baron tidak bisa terlepas dari tanjakan.

Dengan dibukanya jalan jalur lintas selatan (JJLS) memudahkan para wisatawan untuk menuju pantai baron dan sekitarnya. Ada dua rute untuk menuju JJLS tersebut. Rute pertama dari Yogyakarta menuju Parangtritis kemudian belok ke Panggang dan dari Panggang menuju Pantai Baron lewat JJLS tersebut. Kesulitan lewat jalur ini pada jalan Yogyakarta menuju Parangtritis arus lalu lintasnya yang ramai sehingga pengemudi harus bersabar dan hati-hati. Ditambah lagi jalur parangtritis panggang yang banyak tanjakan dan berkelok-kelok.

Rute yang kedua lewat jalan Yogyakarta – Wonosari dengan melewati Piyungan (Kids Fun) dan Bukit Patuk Gunung Kidul yang berpanorama sangat indah. Pada malam hari di Bukit Patuk ini anda dapat melihat kemerlapnya kota jogja pada malam hari. Selain itu Bukit Patuk Gunung Kidul terkenal dengan radio GSD fm yang mana menjadi radio terbaik se-Propinsi DIY. Sebelum masuk Kabupaten Wonosari atau lebih tepatnya dipertigaan setelah Lapangan Udara Gading kita belok ke kanan menuju kecamatan Playen kemudian menuju kecamatan Paliyan dan Trowono.

Di sepanjang jalan antara Paliyan menuju Trowono kita akan menikmati pemandangan alam yang luas dan indah dan hutan wisata dan cagar alam di Sodong Karang Asem. Dari Trowono kita belok ke kiri melewati kelurahan Monggol dan setelah kelurahan Monggol menuju pantai sudah tersedia jalan yang mulus dan luas antar propinsi. Di jalan ini kita bisa leluasa mengendarai kendaraan kita yangmana akan menjadikan perjalanan terasa asyiiik.

Dari Monggol ( setelah sampai di dusun Singkil ) kita belok ke kanan menuju desa Planjan dan pantai Baron. Sebelum memasuki pantai kita akan diminta untuk membayar retribusi masuk pantai baron dan sekitarnya. Sewaktu saya ke sana retribusinya masih tiga ribu rupiah. Untuk sekarang saya kurang tau. Semoga tulisan ini bisa menjadi pengetahuan sebelum anda berwisata ke pantai gunung kidul. :-)

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini tentang Cah Bantul ini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

3 Responses to "Jalan Alternatif Menuju Baron"

  1. WAH! ARTIKELNYA BAGUS SOB!
    JANGAN LUPA MAMPIR YA http://mukeu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus